Perubahan dan Perkembangan Social Media

sumber gambar : socialmediaweek.org

Salah satu yg menjadi kekuatan terbesar social media berada pada dinamisnya, kekuatan yg mampu mengikuti sebuah perkembangan bahkan tak jarang menjadi acuan perkembangan sebuah trend. Setiap tahun social media selalu mengalami perubahan dan perubahan ini juga pasti akan terus ada di tahun-tahun berikutnya. Awalnya social media berbentuk blog dan wiki, sekarang itu telah berubah menjadi lebih personal dalam sebuah bentuk jaringan seperti facebook, twitter, instagram, path dan lain-lain, belum lagi ditambah dengan booming nya aplikasi chating yg saat ini menjadi trend.

Secara umum ada tujuh hal yg perlu untuk anda ketahui mengenai perubahan dan perkemabngan sosial media.

  1. Social media tidak membunuh email

Sebelum adanya media social email merupakan alat yg paling banyak dipakai para pengguna internet untuk berkomunikasi. Setelah hadirnya social media, email hanya dipakai bagi segilintir orang saja. hal ini membuat banyak orang berspekulasi bahwa social media membunuh email, dalam hemat saya, perbandingan social media dan email bukan masalah mana yg lebih baik atau yg lebih keren. Semua tergantung pada kepentingan pemakainyadan social media yg terbaik harus terintegrasi ke email bahkan social media yg sudah ada sebelumnya.

  1. Blog never die

Bisa dibilang blog adalah versi awal sebuah bentuk social media. Banyak para pengamat yg menyatakan blog takkan pernah bisa bertahan dengan gempuran kehadiran social media. Dalam pandangan saya justru blog adalah social media terkuat yg mampu bertahan. Social media yg berbasis jaringan seperti facebook dan twitter justru akan membantu eksistensi blog menjadi lebih kuat.

  1. Jumlah penggemar

Banyak orang menganggap semakin banyak pengikut dan semakin banyak penggemar adalah hal yg terpenting. Padahal itu bukan satu-satunya acuan untuk mengukur kesuksesan anda mengelola social media. Banyak pengikut / penggemar hanyalah efek samping dari kinerja nada mengelola social media.

  1. Interaktif

Banyak orang berpendapat bahwa perkembangan social media terletak pada kemampuannya untk mencinptakan komunikasi interaktif. Hal ini juga membuat beberapa brand terkenal untuk menggunakan social media sebagai bagian dari trik marketingnya. Hadirnya social media membuat dunia marketing jadi lebih mudah untuk membuat komunikasi yg interaktif dengan pelanggan.

  1. Demokrasi

Secara tidak langsung social media ikut dalam perkembangan demokrasi. Melihat banyaknya pemakai social media tentu saja sebagian dari mereka akan menyuarakan suaranya melalu social media. Bahkan tak jarang juga social media dijadikan bagian dari kampanye partai politik mengingat betapa murah dan mudahnya mengakses social media.

  1. Golabisasi

Kita bisa menyebut era saat ini adalah era modern, era digital dan tentu saja era globalisasi. Salah satu hal yg banyak disukai oleh social media adalah kemampuanya untuk mendapatkan dan membagikan informasi secara global dengan sangat cepat. Hal ini membuat pengguna social media bisa berinteraksi sercara langsung kepada siapa saja tanpa ada batasan geografis dan budaya. Kesemptan ini jugalah yg dimanfaatkan para pengusaha unutk memasarkan produknya keseluruh belhan dunia.

  1. Sosial yg tidak social

perubahan dan perkembangan social media memang memiliki efek yg baik bagi penggunanya dan tentu saja pasti ada efek negatifnya, salah satu efek negative social media adalah kita jadi tau tentang sesuatu yg jauh tapi mengabaikan sesuatu yg dekat. Mungkin anda pernah mendengar kalimat ini “social media. mendekatkan yg jauh, menjauhkan yg dekat”. Kebutuhan manusia memang selalu berkembang, termasuk kebutuhan social.  Perubahan dan perkembangan social media pasti juga mengikuti perkembangan kebutuhan manusia.

 

Social media memang menjadi trend masa kini dan trend yg terus berkembang pun biasa melalui social media. Social media tak hanya tentang berkomunikasi, mendapat informasi, atau berbagi informasi. Social media kini menjadi bagian dari perubahan dan perkembagan manusia sebagai makhluk social.

Dengan terus berkembang social media, bagaimana menurut anda?

Atau

Apa yg bisa anda manfaatkan dengan terus berkembangnya social media?

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s