Jaya baya : Ramalan dan Indonesia

Kita semua pasti sudah pernah membca tentang ramalan jayabaya tentang kondisi negara indonesia di masa depan. Meski beberapa ramalan jayabaya bisa dibilang sangat tepat dengan keadaan indonesia saat ini tetap saja saya pribadi kurang percaya pada sebuah ralaman. Menurut saya ramalan hanya berupa perkiraan yg akan terjadi dimasa depan. Ramalan hanyalah sebuah prediksi yg diperkirakan akan terjadi. Lalu bagaimana sebuah ramalan bisa dengan tepat meramal sebuah kejadian yg akan terjadi dimasa depan?. Ini mudah, beberapa hal yg pernah terjadi dan telah terjadi akan memiliki kemungkinan untuk terjadi lagi dimasa depan.

Bencan alam, peperangan, terosisme, dan berbagai hal lainnya, semua pernah terjadi dimasa lalu dan itu pasti akan terjadi lagi suatu saat nanti. Sering kita lihat di televisi pada saat akhir atau awal tahun biasanya ada peramal yg ditanyai tentang apa yg akan terjadi dan peramal pun akan menjawab hal hal yg biasa terjadi pada setiap tahun seperti artis yg bercerai, tokoh politik yg meninggal dunia, bencana alam dan semua hal yg selalu terjadi setiap tahun.

Kembali ke ramalan jayabaya, didalam ramalan jayabaya lebih banyak tentang membahas kondisi masyrakat indonesia yg semakin lama akan semakin hilangnya moral dan kacaunya negara dari berbagai aspek kehidupan. Ramalan jaya baya yg paling terkenal RATU ADIL, dimana bahwa suatu saat nanti akan muncul seorang pemimpin yg akan membawa bangsa indonesia menjadi bangsa yg makmur dan negara yg paling maju dan ditakuti oleh bangsa lainya. Saya melihat ini bukan sebuah ramalan tapi lebih mirip sebuah harapan. berharap pada suatu saat akan muncul orang yg mampu bersikap adil.

Saya pribadi memandang sebuah ramalan hanyalah sebagai bahan referensi, bukan sebagai hasil akhir yg harus terjadi. Ramalan hanyalah sebuah metode motivasi kuno yg mengandung unsur mistik dan perhitugan yg sangat rumit. Jika seorang mengatakan kepadamu bahwa kamu nanti akan menjadi seorang kaya raya, apakah kamu akan bekerja keras? Tentu saja tidak, buat apa bekerja keras jika nantinya juga akan menjadi kaya. Atau jika seorang mengatakan kepadamu kamu akan jadi orang miskin, apa kamu akan bekerja keras? Tentu saja tidak, buat apa bekerja keras jika nantinya kamu akan jadi miskin juga. Tapi bagaimana jika orang mengatakan kepada anda, hidupmu akan berubah jika kamu mampu mengalahkan ayam setiap hari, apa yg akan kamu lakukan? Bangun lebih pagi untuk bekerja keras? Jika ya hidupmu pasti akan berubah. Bagaimana? Ramalan jadi terlihat seperti motivasikan?.

Inilah yg kuharapkan dari warga indonesia dalam memandang ramalan jayabaya, bukan mengaitkannya dengan peristiwa sejarah dan hanya berharap dengan kedatangannya sang RATU ADIL. Saya pribadi memandang RATU ADIL itu bukan nama atau julukan seseorang yg bersikap benar benar adil, karna jika hanya satu orang saja yg bersikap adil negara ini juga tidak akan maju, tapi jika setiap sisi dan dimensi negara ini dari atas hingga bahwa mampu bersikap dengan adil, maka negara ini akan menjadi negara adidaya yg tak terkalahkan.

Selama ini saya melihat lebih banyak orang membahas ramalan JAYABAYA dan mengaitkannya dengan sejarah yg terjadi dan memprediksikannya dengan apa yg akan terjadi. Sebuah ramalan baik itu untuk memotivasi agar kita berusaha untuk mencapaiya dan sebuah ramalan buruk bagi kita bertujuan agar kita berusaha untuk mencegah hal hal buruk terjadi. Ini adalah konsep sebenernya dari sebuah ramalan, sebuah metode motivasi orang jaman dulu yg disalahgunakan oleh orang modern jaman sekarang.

Ramalan bukanlah sesuatu yg harus dipercaya atau tidak tapi sebuah hal yg harus diperhatikan dengan cara yg bijak.