5 Alasan Social Media Sebagai Metode Baru Dalam Layanan Konsumen

sumber : wallbase.cc

Dalam dunia bisnis melayani pelanggan adalah hal yg utama bahkan bisa dibilang kepuasan pelanggan itu yg nomor satu. Saat ini dengan banyaknya aplikasi social media ternyata bisa dijadikan senjata rahasia untuk menjaga komunikasi usaha anda dengan bisnis anda, bahkan bisa juga untuk menambah pelanggan baru.

Bahkan kita sebagai konsumen tentu sangat ingin bisa merasa dekat produk yg selalu menjadi langganan kita hanya saja jarang ada pengusaha yg bisa menggunakan fitur social media sebagai layanan konsumen, mungkin hanya beberapa brand besar saja yg sudah melakukannya.

Di era modern ini, era dimana hampir di setiap aspek kehidupan masyarakatnya tak jauh dari dunia digital. Perusahaan dituntut mampu mengikuti perkembangan ini, bahkan UMKM pun kini juga dituntut secara tak langsung untuk menggunakan social media sebagai layanan konsumen. Berikut 6 alasan mengapa kita harus menggunakan social media sebagai layanan konsumen

1. Langsung terlibat dalam komunikasi dua arah. Meski perusahaan anda memiliki line telpon yg bisa digunakan sebagai layanan konsumen, tetapi konsumen lebih suka mem-posting kekecewaannya melalui sosila media ketika mereka merasa kecewa dengan pelayanan atau produk dari perusahaan anda.
Kita bisa memantau langsung apa yg menjadi kekurangan dari pelayanan atau produk yg kita tawarkan, bahkan kita bisa langsung merespon postingan tersebut dengan mengapresiasikan kritikan tersebut dengan berupa hadiah sebagai permohonan maaf atas kekurangan pelayanan atau produk kita. Hal ini tentu saja akan menngangkat trust dari konsumen.

2. Menyampaikan info terbaru. Kita memang bisa saja memasang iklan di TV, radio atau Koran. Tapi saat ini mereka yg menonton TV, yg mendengar radio, dan membaca Koran sebagian besara adalah kelompok masyarakat yg berada pada usia yg kurang produktif.
Saat ini pelanggan lebih senang dengan promo yg kesannya eksklusiv, dimana promo itu hanya orang-orang tertentu saja yg mengetahui keberadaan promo tersebut. Jadi ketika anda ingin membuat promo, anda bisa langsung mengarahkan sasaran promo ini dan ini bisa menghemat budget promosi perusahaan anda.

3. Membangun kepercayaan. Social media memungkinkan anda untuk langsung berkomunikasi dua arah kepada pelanggan, dengan komunikasi tersebut anda bisa membangun kepercayaan pelanggan dan hebatnya lagi anda bisa menjadikan pelanggan sebagai “brand ambassador” .

4. waktu yg tepat. Dengan mamanfaatkan social media usaha anda anda bukan hanya terlibat langsung dalam sebuah komunikasi anda bisa langusng menanggapi, merespon dan menjangkau lebih banyak pelanggan-pelanggan baru. Kita bisa memperhitungkan waktu-waktu yg tepat unutk memulai percakapan tanpa harus terlihat murahan.

5. Relevan, jika anda mengikuti perkembangan dunia marketing dan memulai untuk membuat akun sosical media sebagaia salah trik marketing perusahaan anda, hal ini justru akan meningkatkan nilai perusahaan anda di mata pelanggan, apalagi jika anda mampu membuat “king konten”. Hal akan menarik lebih banyak potensi pelanggan baru