Fakta Social Media Dan Statistic Pada Tahun 2014

 

 

Ada sebuah krisis yg memiliki dampak sangat besar tahun lalu ( 2013 ) bagi sebuah brand, dan ini pasti juga akan berdampak pada strategi pemasran beberapa brand dalam memasarkan produknya melalui media social.

Salah satu bintang music terkenal mencoba cara yg berbeda dalam mempromosikan singlenya, tak seperti biasanya dia menggunakan akun instagramnya yg memiliki pengikut 8 juta. Kebayangkan betapa murahnya dan efektif langsung ke target sasaran promosinya? Dan hasilnya tak lama setelah mengumumkan single beserta albumnya sukses dan melebihi sukses dari album sebelumnya yg mempromosikan single melalu cara konvesional.

Salah satu unsur penting dalam bisnis adalah jaringan, dengan menggunakan social media sebenarnya anda sudah mencipatkan jaringan anda, baik itu jaringan anda dengan pelanggan anda ataupun jaringan antar pelanggan setia anda. Jika jaringan anda sudah tercipta di jaringan social media anda itu adalah asset berharga anda dalam dunia digital, mengingat setiap pertumbuhan dunia digital sangat mengesankan dan ini bisa berimbas pada trik pemasaran anda yg lebih efisien dan tentu saja meningkatkan omset usaha anda.

Social media bukan hanya tentang twit ataupun status galau para pemuda tentang cinta dan kehidupannya. Social media selalu hadir mengisi setiap pojok website untuk membuat sang calon pelanggan mampu berinteraksi lebih dengan sang brand.

Siapa yg menggunakan social media ?

  1. 72% pengguna internet, aktif di social media
  2. Usia 18-29 tahun adalah pengguna aktif internet
  3. Usia 30-49 tahun 72% adalah pengguna internet
  4. 60% dari umur 50-60 aktif di social media
  5. Diatas 65 tahun, 43%nya  aktif di social media
  6. Waktu yg dihabiskan untuk online dimedia social di negara amerika meningkat 16% diikuti australia 14% dan inggris 13%.
  7. 71% pengguna social media mengakses melalui perangkat mobile

 

Paradigma tentang social media hanya digunak oleh anak muda, kurasa itu harus dirubah sekarang.

Facebook

Facebook masih menjadi social media dengan pemakai terbanyak, tapi beberapa pakar social media memprediksi bahwa pada tahun 2016 google+ akan melampaui facebook dan social media lainnya. Berikut data terbaru dari tentang facebook

  1. Sekarang pengguna facebook mencapai 1,15 miliyar pengguna
  2. Satu juta halaman web bisa diakses menggunakan fitu “login dengan facebook”
  3. 23% pengguna facebook login setidaknya 5 kali sehari
  4. 47% orang amerika mengatakan facebook adalah pengaruh terbesar dalam membeli barang
  5. 70% marketing menggunakn facebook untuk mendapatkan pelanggan baru

Google+

Mencari data tentang google+ tentang google selalu menjadi tantangan tersendiri, bagaikan mendapatkan gadis tercantik disekolah. Sangat sulit tapi bukan berarti tidak bisa, jadi apa data terbaru dari google+?

  1. Saat ini ada lebih dari 1 miliar akun google+ baru mulai aktif
  2. Google + mencapai 359 juta pengguna aktif setiap bulan
  3. Google+ tumbuh 33% per tahun
  4. Pengguna google+ kelompok usia 45-54 tahun meningkat 56% sejak 2012

Ketika anda menganggap google+ hanya baru ada dalam tiga tahun belakangan ini maka bisa dibilang apa yg dicapai oleh google+ adalah sebuah kesuksesan baginya dengan pencapaian ini mengingat google telah menginvestasikan $500juta untuk google+

Twitter

Anda jangan pernah mengabaikan twitter sejak tahun lalu sudah menjadi perusahaan public, ada apa saja dengan twitter saat ini.

  1. Saat ini ada lebih dari sekitar 550 juta pengguna twitter aktif
  2. 34% marketing menggunakan twitter untuk meningkatkan pelanggan
  3. Twitter adalah social media yg paling cepat berkembang dengan pertumbuhan 44% selama tahun 2012-2013
  4. Setiap bulan ada sekita 215 juta pengguna yg aktif berkicau
  5. Twitter juga telah membuat beberapa inovasi dalam beberap bulan terakhir yg sekarang membuat tampilannya lebih menarik.

Social media yg lain?

Kami masih belum menyebutkan beberapa social media yg mampu mencuri perhatian seperti pinterest, instagram, linkedin, youtube, tumblr, vine, slideshare, dan masih banyak lagi.

Tahun ini beberapa social media berharap mampu untuk lebih menunjukkan taringnya. Dua social media yg patut juga unutk diawasi perkembangannya:

  1. Pinterest dengan 29 juta pengguna aktif setiap bulannya dan terus meningkat
  2. Instgram dengan 150 juta pengguna aktif dan jumlah terus bertambah

 

Berikut adalah infografik dari search engine journal yg menyediakan media visual untuk fakta social media dan statistic yg anda harus tahu di tahun 2014

 

 

sumber infografik : Search Engine Journal

 

Bagaimana menurut anda?

Apakah anda terkejut? Apakah bisnis anda anda tumbuh dengan penggemar jaringan social media dan pengikutnya?  Sudah menemukan  social media  terbaik bagi bisnis anda?

 

sumber : www.jeffbullas.com