Pentingnya Social Media Bagi Orang Terkenal

sumber gambar : widga17.blogspot.com

 

Awalnya social media dimanfaatkan sebagai aplikasi untuk berbagi cerita atau informasi personal kepada kerabat atau sahabat dan bisa juga unutk mencari teman baru. Tapi semakin berkembang jaman dan juga tekhnologi ada sedikit pergeseran fungsi social media, terutama dibidang marketing.

Saat ini social media juga berfungsi sebagai tempat untuk promosi mengingat biayanya yg sangat murah bahkan nyaris gratis, tentu saja banyak brand – brand terkenal yg memanfaatkanya. Karna selain bisa dijadikan sebagai tempat untuk promosi social media juga bisa digunakan untuk menciptakan komunikasi dua arah dengan pelanggan.

Meski saat ini social media sudah sangat beragam mulai dari facebook, twitter, google+, instagram, path, pinterest, youtube, dan masih banyak lagi. Tapi hanya sedikit orang yg mampu menjadikan itu sebagai ladang bisnis baru di era digital. Kesempatan terbesar untuk memanfaatkan social media sebagai ladang bisnis sebenarnya dimiliki hanya oleh orang tertentu seperti artis, penyanyi, tokoh masyarakat, atlet, politikus, budayawan, penulis dan orang-orang yg dikenal oleh banyak orang.

Mengapa orang-orang terkenal harus memiliki akun social media?

Jawabannya sederhana, mereka saat ini memang terkenal tapi suatu saat nanti? Apakah mereka akan terkenal selamanya? Enggak kan? Melihat dunia entertainment memiliki persaingan yg begitu ketat, hari ini ada idola baru, besok muncul lagi idola baru.

Jadi ketika mereka berada pada puncak terkenalnya mereka otomatis mereka akan memiliki banyak fans dan secara otomatis juga fans mereka pasti mengikuti kegiatan sang artis melalui social media. Jika akun anda memiliki banyak penggemar atau pengikut, anda bisa menjadi seorang buzzer.

Apa itu buzzer?

Buzzer adalah pemberi pengaruh atau pembuat trend di social media, biasanya seorang buzzer memiliki banyak pengikut di social media, semakin banyak pengikutnya semakin mahal bayarannya. Untuk ditwitter saja seorang buzzer bisa dibayar 3-15 juta untuk setiap twit yg berisi tentang sebuah produk dari brand terkenal atau hanya sekedar untuk mempengaruhi pengikutnya untuk mengikuti akun brand tersebut.

Apakah ada ruginya bikin akun social media?

Ga ada, mengingat membuat akun social media itu gratis, dan jika anda adalah seorang yg sangat terkenal anda bisa menginvestasikan kepopuleran anda di akun social media.

Bagaimana mengelola akun social media ?

Bsgi seorang dengan tingkat kepopuleran tinggi sangat mudah unutk mengelola akun social media. Cukup katakan “selamat pagi indonesia” saat pagi atau foto sarapan anda pagi ini, itu sudah cukup menarik minat fans anda. Tapi jika anda adalah seorang yg terkenal tapi gaptek dalam teknologi anda bisa menciptakan tim 3-5 orang untuk mengelola akun social media anda. Mereka semua akan beratnggung jawab terhadap akun anda baik itu pengelolaan, persiapan konten dan mengakarakterkan anda di social media.

 

Perubahan fungsi social media saat ini memang sedikit yg menyadarinya tapi saya yakin dalam beberapa waktu kedepan akan banyak orang yg menyadarinya dan tak mungkin pula social media dijadikan ajang kampanye untuk politik.