kenapa harus jadi mantan ?

sumber gambar : wallbase.cc

Entah mengapa kata “mantan” pada beberapa tahun belakngan ini begitu popuperl dengan stigma yg negative. Pada kenyataannya istilah mantan memang sudah dipakai sejak jaman dulu. Saat ini banyak orang yg menganggap bahwa mantan itu adalah sesuatu yg harus dijauhi seperti narkoba dan dibuang pada temaptnya seperti sampah.

Dalam sudut pandang saya mantan itu adalah laki-laki, karena kalo perempuan itu namanya womentan, just kidding. Mantan itu artinya mempelai, oh itu manten,just kidding again.

Pada dasarnya ada dua golongan orang yg memiliki pandangan berbeda terhadap mantan, satu adalah orang yg sangat membenci mantan dan mencoba unutk menjauhinya dan yg kedua adalah orang yg merasa biasa saja dalam menghadapi mantan dan tetap menjalin komunikasi dengan mantan. Anda yg mana?

Kegagalan dalam hal apapun juga itu memang menyakitkan, apalagi dalam hal cinta. Lalu mengapa bisa sebuah hubungan cinta itu bisa kandas ditengah jalan ( karna kalo dipinggir jalan namanya parkir, just kidding ).

Ada beberapa sebab mengapa cinta bisa putus, seperti;

  1. Kurangnya rasa saling percaya terhadap pasangan kita. Kadang karena begitu besarny rasa cinta kita pada kekasih kita, kita selalu merasa curiga dengannya. Siapaun pasti takkan nyaman kalo setiap kegiatannya dicurigai, termasuk kekasih kita sendiri.
  2. Kurangnya komunikasi, dalam hal ini bukan hanya selalu menyapa, menanyakan kabar, sudah makan atau belum. Tapi lebih dari sekedar unutk peduli pada hal-hal yg paling penting bagi orang yg kita cintai, karna cinta berarti kita hal penting bagi kekasih kita, itu juga penting bagi kita.
  3. Pudarnya komitmen dalam hubungan. membuat sebuah komitmen itu mudah, tapi menjaganya itu adalah hal yg sulit. Pudarnya komitmen ini juga bisa terjadi karna pudarnya kepercayaan dan kurangnya berkomunikasi dari hati ke hati kepada sang kekasih. Padahal komitmen memiliki peranan yg sangat penting dalam menjaga kualitas hubungan. Cinta itu adalah sebuah permainan yg dimainkan oleh dua orang dan dimenangkan oleh dua orang, taka da yg lebih dominan dalam suatu hubungan,semua memiliki peranan yg sama besarnya dan itu harus diperjuangkan oleh dua orang, karna jika hanya satu saja orang saja yg berusaha memepertahankannya maka itu wirausaha namanya.
  4. Godaan rumput tetangga yg lebih hijau. Bisa dibilang ini adalah salah satu alasan terbanyak dalam putusnya tali percintaan dan hal ini bisa saja disebabkan oleh kurangnnya kepedulian kita terhadap komitmen yg sudah kita bangun terhadap pasangan kita.
  5. Bosan. Ada perbedaan sikap kita saat PDKT terhadap kekasih dan saat setelah mendapatkan cintanya. Salah satu alasan mengapa cinta kita bisa diterima oleh orang yg kita cintai adalah cara-cara kita mendapatkan cintanya mungkin itu yg disukai oleh kekasih kita dan kadang setelahkita mendapatkan cintanya kita berubah menjadi pasangan yg membosankan.
  6. Restu orang tua. Ada beberapa hubungn yg dipishakan oleh keyanikan agama yg berebeda, suku yg berbeda dan bahkan tak sedikit disebabkan karna kasta yg berbeda. Untuk perbedaan yg satu ini saya menyarankan, jika emang dari awal kita merasa bahwa “perbedaan” diantara kalian akan membuat hubungan kalian putus lebih baik dari awal kalian udah menentukan sikap untuk tidak menjalin hubungan asmara. Karna kalian pasti paham bahwa jika hubungan ini dilanjutkan akan semakin menancap luka yg sangat dalam, lebih baik dihindari saja.
  7. kematian. mungkin ini adalah takdir yg ga pernah diinginkan semua orang dan kita ga bisa melakukan apapun ketika ini sudah terjadi.

 

Itu adalah beberapa alasan mengapa sebuah hubungan asmara bisa putus, terputus, maupun diputus. Dan fase setelah putus cinta yg harus dihadapi selanjutnya adalah MOVE ON. Galau pada masa transisi antara berpasangan menjadi jomblo itu wajar, tapi akan terasa begitu aneh jika galau itu terus berkelanjutan selama bertahun-tahun.  emang harus diakui putus cinta itu memang sakit, tapi lebih sakit udah putus tapi masih cinta.

Galau karna mantan itu harus dicermati dengan sederhana, kenapa putus?

Jika memang masih ada cinta, mengapa putus? Kamu yg mutusin atau kamu yg diputusin? Jika kamu yg mutusin, kenapa? Jika kamu yg diputusin, kenapa? Pasti ada yg salah dalam hubungan kalian dan hasilnya…. Putus.

Penyesalan biasanya memang datang belakangan, dan menyesal karna putus cinta itu memang menyakitkan. Salah satu hal yg menjadi mengapa kita masih ngegaluin mantan adalah karna kita masih cinta dan ga tau caranya untuk mengurangi kadar cinta kita, kita justru lebih memelihara kenangan-kenangan indah dan mengiingatnya. Kita justru lebih senang berasumsi bahwa hubungan ini baik-baik saja. kita galau karna kita tidak mau menerima kenyataan.

Terlepas dari alasan mengapa sebuah hubungan bisa putus, hanya ada dua pilihan yg bisa diambil. Pertama tetap tegar dan terus melanjtkan hidup. Kedua terjebak dengan kenangan indah yg tidak akan pernah mungkin terulang lagi. Kamu yg mana?

Harus diakui mencoba melupakan orang yg pernah kita cinta itu memang sangat sulit dan ga bisa dilakukan secara instan. Memang rasanya sedikit aneh jika kita tanpa sengaja bertemu mantan, pasti ada beberapa hal kita akan mengingat sedikit kenangan masa lalu dan jujur saja rasa cinta itu masih ada, tapi kalian harus ingat kalian pernah membina hubungan dengannya dan berakhir dengan kegagalan. Masih mau itu terulang lagi, sejarah mungkin berulang meski udah balikan ke mantan.

Apakah setelah putusan harus memutuskan semua kontak dengan mantan?

Tergantung, jika kamu bisa megendalikan dirimu lebih jangan tetep ada komunikasi tapi jangan modus. Dan jika kamu merasa hanya bisa move on dengan memutuskan semua kontak dengan mantan ya silahkan, kalo bisa jangan Cuma dengan mantan saja tapi putuskan semua kontak sahabatnya juga biar kamu ga pernah denger kabar dari mantan. Tapi yg jadi maslaah kalo mantannya tinggalnya satu RT, mau gam au kamu harus tinggal dari rumah.

Bahkan ga sedikit juga meski sudah mempunyai pacar ada juga orang yg masih ngegaluin mantannya. Karna untuk move on seratus persen itu ga mungkin, pasti masih saja ada hal-hal yg tiba-tiba membuat kita teringat kepada mantan ketika denger music atau ngelewatin tempat yg pernah jadi kenangan. Hal yg sangat kita lupkan dalam menjadi manusia adalah kita harus professional dengan komitmen jika emang udah putus ya udah, anggap saja semua yg berhubngan dengan dia itu selesai.

Gagal dalam menjalin sebuah hubungan itu wajar, kita ambil saja hikmahnya. Semua orang juga pernah mengalami hal yg sama. Belajarlah dari maling, ketika satu pintu sulit untuk dibuka ya berpindahlah ke pintu lain yg mudah dibuka (biasanya ini type maling kost-kostan). Jangan pernah egois dengan dirimu sendiri, setiap orang memiliki waktu yg sama untuk move on. Biarkanlah mantan tetap menjadi mantan, jangan pernah membencinya karna pernah mencintainya. Tetaplah hidup dengan semua potensi yg ada dalam hidupmu. Jadilah pribadi yg menarik, agar cinta baru mendatangi anda. Kenangan itu hanya masa lalu, saat ini kamu hidup dalam kenyataan. Jangan buang waktumu untukmu hanya megingat kenangan.