5 Tren SEO untuk 2014

 

 

sumber gambar : alam-maya.com

“apakah SEO sudah mati?” ini adalah pertanyaan yg sedang trend diantara praktisi SEO.

Jika usaha anda mengandalkan internet sebagai salah satu teknik pemasaran dan menjalin komunikasi dengan pelanggan, maka anda harus memperhatikan ini. Sebenarnya SEO tidak mati melainkan beberapa alogaritma telah berubah.

Contohnya google melakukan perubahan yg sangat drastic pada alogaritma mesin pencarinya. Sehingga trik SEO yg anda lakukan sebelumnya mungkin takkan banyak membantu meningkatkan traffic website anda dan ini pasti akan sangat berpengaruh terhadap bisnis anda.

Saat ini (2014) strategi SEO yg sukses harus memasukkan komponen yg beragam seperti optimasi mobile, pemasaran konten, dan integrasi social media. Melihat perubahan ini sepertinya anda harus merubah sedikit strategi unutk menyesuaikan perubahan ini. Berikut adalah lima trend utama untuk menyukseskann target SEO anda ditahun 2014.

  1. SEO efektif memiliki tiga tiang utama penyangga, yaitu ; link, konten, dan social media. Jelas dalam setahun terakhir hubungan ketiga unsur ini harus jelas dan focus membuat jalur komunikasi yg memudahkan pelanggan anda. Social media mampu meningkatkan jangkauan anda dan membuat mesin pencari langsung mengarahkan pelanggan anda langsung ke konten utama anda. Link dari website anda juga meningkatkan nilai dari website anda dan tentu saja membuat website anda dipercaya. Sebuah siklus yg baik dapat dimulai dengan menciptakan konten yg tepat.
  2. Munculnya konten yg berisi pemasaran saat ini telah menuju kepada pemanfaatan dunia digital secara global. Konten pemasaran merupakan kata kunci terpopuler di tahun 2013 dan untuk saat ini trennya  sudah berubah. Saat ini sebuah brand dituntut menjadi lebih cerdas untuk mengenalkan produknya dengan cara membuat konten yg berisi kisah mereka dan menciptakan komunikasi dengan pelanggan. Saat ini dunia marketing digital juga dituntut untuk memiliki strategi dan target sehingga memudahkan untuk mengukur investasi atau ROI. Fungsi lainnya memiliki strategi adalah kita bisa mengukur kinerja strategi kita sebelumnya dan membuat strategi baru untuk meningkatkan keuntungan.
  3. Optimasi ponsel saat ini bukanlah pilihan utama. Dengan dirilisnya update hummingbird google menyulitkan sebuah website yg tidak memiliki strategi mobile dengan peringkat yg baik. Termasuk design website yg responsive dan strategi konten untuk mobile. Sekarang saatnya unutk berinvestasi pada perspektif bisni yg lebih menjajikan : saat ini smartphone sudah bukan barang mewah dan langka, setiap orang bisa mendapatkannya dengan mudah dan semakin hari pengguna gadget semakin bertambah. Selain memiliki design yg responsive website anda juga harus berjalan dengan baik di perangkat smarthphone. Strategi konten dibutuhkan unutk mengikuti pengguna ponsel dan pelanggan anda tidak mengalami kesulitan untuk mengakses website anda.
  4. Membangun brand lebih mudah daripada membangun link. Sebuah brand yg kuat memiliki peran yg sangat penting dalam SEO. Sebagai contoh  Google Authorship, sebuah program yg menghubungkan konten profil penulis anda menampilkan hasil yg lebih baik dalam mesin pencari. Membangun brand dan memiliki kemampuan unutk memperdiksi persaingan yg semakin ketat dari waktu ke waktu anda membutuhkan bantuan digital agency memiliki strategi branding dengan design yg baik dan konten yg berkualitas.
  5. Social media, terutama google+ yg memainkan peran SEO melalui integrasi web-sosial media. Jika anda tidak memiliki akun social media yg mewakili brand anda di dunia digital atau tidak memiliki konten menarik yg bisa di bagikan oleh pelanggan anda, seperti yg saya bilang gunakan jasa digital agency.

Salah satu strategi SEO berada pada mesin pencari dan social media saat ini bisa sangat membantu menentukan peringkat pencarian di mesin pencari. Dua trik  yg sangat mudah untuk memulai mengenalkan brand anda, google+ anda dan memastikan bahwa website  anda memiliki konten yg bisa dibagi melaui google+.

Saat anda ingin mengembangkan brand anda melalui teknik SEO, ingat bahwa semua ini melibatkan dua hal: integrasi dan konten. berinvestasilah di semua bidang dari membuat konten yg menarik, menciptakan komunikais dua arah dengan pelanggan dan pastikan bahwa kedua hal tersebut bekerja dalam sistem yg saling mendukung satu sama lain. Sesuaikan rencana dan target anda dengan mempelajari trend yg sedang berkembang dan fokuskan konten anda memabuat anda semakin dekat dengan pelanggan. Hasilnya peringkat brand anda dalam mesin pencari akan terus meningkat.

sumber : entrepreneur.com