Review PK (peekay) : Ketika Alien Mencari TUHAN

sumber : in.com

Rajkumar hirani tak cukup dengan Munnabhai MBBS film komedi satir yg menyinggung dunia kesehatan india dan 3 idiots yg juga dibalut dengan komedi yg menyinggung dunia pendidikan di india. Dalam film ini hirani lebih berani menyinggung masalah sosial yg sepertinya tidak hanya terjadi didunia, tapi juga seluruh dunia yaitu agama. dan satu lagi yg membuat film ini menarik adalah hirani tidak hanya membawa film ini dalam warna komedi tapi juga sci-fi. Berkisah tentang mahkluk alien ( Aamir Khan ) yg sedang mempelajari bumi namun sialnya baru saja bertemu satu manusia “remot” untuk memanggil pesawat luar angkasanya dirampas dan petualangannya untuk mendapatkan kembali “remot” itu membawanya kepada berbagai macam kultur budaya dan agama yg sangat bermacam-macam. Karena keanehan dan tingkah lakunya dia diapnggil PK (dibac : peekay) yg artinya orang mabuk oleh setiap orang yg ditemuinya.

sumber : onsecrethunt.com

Hingga suatu hari dia bertemu dengan Jagat Janani ( Anushka Sharma ) seorang wartawan sebuah media di india disebuah kereta saat  Jagu ( panggilan Jagat Janani ) pergi kekantornya. Jagu sangat tertarik kepada PK untuk dijadikan bahan berita hanya dengan melihat tingkah dan penampilannya yg aneh dengan menggunakan helm kuning didalam kereta. pertemuan mereka berdua adalah awal dari sebuah cerita yg penuh makna dalam film ini. Saya merasa film ini mengingatkan kita bahwa salah satu esensi makhluk hidup adalah harus mempercayai TUHAN, karna mempercayai TUHAN itu bukan hanya sebuah keharusan atau kewajiban melainkan naluri dan juga kebutuhan dasar setiap manusia. Hanya saja kadang agama dimanfaat oleh beberapa oknum untuk kepentingannya saja. tidak hanya sampai disitu, PK juga menyinggung bahwa selama ini kita sering bersikap rasis dengan hanya melihat penampilan orang yg beragama lain dan membeda-bedakannya hingga sampai saling bertikai. Hanya dengan dialog yg sederhana PK seolah menampar kita dengan pukulan keras tentang bagaimana kita hanya menyembah kepada TUHAN saat keadaan kita sedang susah dan melupakannya saat sedang senang. PK sepertinya juga mewakili sikap-sikap aneh manusia yg biasa kita jumpai seperti, berdoa sekarang dan ingin langsung dikabulkan, ikut agama ini ternyata doa nya tidak dikabulkan kemudian pindah ke agama lain, dan terlalu mudahnya kita menyerahkan setiap masalah kepada TUHAN tanpa terlebih dahulu berusaha unutk menyelesaikannya.

sumber : mangojoos.com

Meski dengan tema yg sedikit berat penonton akan merasa ini adalah sebuah sajian ringan dan menghibur karena backsound dan juga tema lagu-lagu yg mengiringi sepanjang film ini terkesan ceria hingga kita sangat mudah bagi kita untuk mengikutinya dan terhibur dengan jalan ceritanya ditambah Dengan plot yg sederhana dan mudah dicerna serta banyak adegan disertai dialog yg membuat kita tertawa sekaligus berpikir “bener juga ya?”. Salah satu element penting dalam film ini adalah  akting Aamir Khan yg sangat totalitas memerankan alien dan pesona kecantikan Anushka Sharma sebagai jagu juga sangat baik. Jika ditanya bagaimana dengan kisah cinta? Heloooow ini india tentu saja ada kisah cintanya, dan kisah cinta dalam film ini tidak hanya sangat indah tapi juga sangat manis bahkan di ending nya pun jauh lebih manis.