Review Film Lage Raho Munna Bhai : Belajar Tentang Gandhisme

image via : worldlit.ca

Apa yg anda harapkan dari menonton sebuah film? Hiburan? Inspirasi? Ilmu sejarah?. Dalam film lage raho munna bhai garapan Rajkumar Hirani hampir 10 tahun yg lalu ini kalian akan mendapat semuanya, tidak hanya itu. Kalian juga akan mendpatakan ilmu tentang sosok mahatma Gandhi beserta dengan ajarannya. Lage raho munna bhai seolah menampar dengan sangat keras di kedua pipi kita tentang bagaimana

seharusnya sikap kita meneladani para pahlawan. Disingung juga dalam film ini bahwa selama ini kita mengenang pahlawan hanya dengan menamai nama jalan dengan nama pahlawan, melukis wajahnya dalam mata uang, atau hanya sekedar membuatkan patungnya di sebuah taman tanpa pernah kita meneladani ajaran dan semangatnya. Kita akan mendpatkan itu dalam seperempat durasi awal film ini.

image via : santabanta.com

Jalan cerita film ini sangat sederhana, bermula dari bos munna ( sanjay dutt ) sang bos preman yg sangat tergila-gila dengan seorang penyiar radio bernama Jhanvi ( Vidya Balan). dan pada suatu hari ada sebuah kuis seputar mahatma ghandi dimana sang pemenang akan diundang langsung ke studio untuk diajak siaran bersama sang penyiar radio. Hal itu membuat bos munna menghalalkan segala cara yg mampu di kemas dengan sangat unik dan menghibur. Lanjut cerita  bos munna akhirnya memenangkan kuis itu dan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan penyiar. Karna motivasi awalnya hanya ingin bisa bertemu dengan sang penyiar bos munna terus saja melanjutkan kebohongannya hingga dia dengan sangat terpaksa harus belajar banyak tentang mahatma ghandi demi mendapatkan perhatian sang gadis penyiar idamannya dan awal dari sebuah berbagai macam drama kehidupan sosial pun dimulai.

Seperti yg kukatan diatas tadi film ini menampar dengan sangat keras kedua pipimu hanya dengan melihat sebuah scene di perpustakaan yg khusus berisi buku tentang Gandhi semua. Scene ini menyinggung bahwa saat ini sudah tidak ada lagi yg mengingat tentang Gandhi bahkan yg parah kita semua sudah lupa tentang ajaran gandhisme, meski dalam salah satu mata uang india bergambar mahatma Gandhi. Tapi itu hanya kita anggap sebagai seremonial penghargaan belaka, karna kita telah melupakan ajarannya.

image via : apunkachoice.com

Lage raho munna bhai tidak hanya mengingatkan kembali kepada kita tentang ajaran Gandhi tapi juga memberi contoh nyata bagaimana ajaran Gandhi digunakan dalam kehidupan. Bahkan dalam beberap scene film ini seakan menyentil kantong air mata dengan beberapa drama kecil yg sangat menyentuh dan beberapa drama kecil ini memiliki alur cerita yg bermuara pada arus utama sepanjang jalan ceritanya. Satu lagi hal yg bisa membuat anda berkesan dengan film ini adalah dialog-dialognya yg sederhana tapi akan memancing anda untuk tertawa.

Membuat anda tertawa dan kemudian menangis film ini memang benar-benar sangat keren ditambah dalam sepanjang durasi film ini kita seolah mendapat mata kuliah tentang sejarah mahatma Gandhi, ajarannya, dan sampai pada bagaimana kita mempraktekan ajaran Gandhi dalam kehidupan sehari-hari kita. Terutama adalah berani untuk bersikap jujur.