Ketika Mati Lampu Tiba

image via : stripgenerator.com

Pada suatu hari yg cerah, saat kita bersantai sembari menikmati secangkir teh hangat dan menonton film yg baru kita salin dari penyimpanan data punya teman yg dimana teman baru saja mengunduhnya dari situs yg menyediakan tautan film bajakan, namun tiba-tiba hal burk yg tak pernah diinginkan terjadi. Mati lampu!. Dengan kecepatan sepersekian detik kita langsung teringat kepada PLN dan langsung saja kita menjadi kritikus ahli dengan mengatakan PLN ini, PLN itu, PLN ini itu, Dll. Tapi apa yg bisa kita lakukan? Hanya mengambil telepon selular dan membuka BBM, FB twitter, Dll. Mencoba mencari hiburan untuk membahagiakan diri. Tapi karena mati lampu sinyal untuk tetap terhubung ke internet menjadi lambat bahkan tidak terhubung sama sekali. Rasa marah tentu saja semakin bertumpuk dan ditambah rasa jengkel karena kita tidak bisa melakukan apapun untuk membuat jaringan listrik kembali berfungsi. Lalu apa yg harus dilakukan? Saya rasa itu bukan pertanyaanya bukan “apa yg harus dilakukan?” , tapi “apa yg bisa dilakukan?”.

  1. Menelepon

    image via : blokbojonegoro.com

Memang jaringan untuk terhubung ke internet akan terganggu tapi untuk menelopn pasti masih bisa. Gunakan saja kesempatan seperti ini untuk menelepon, menelepon siapa?. Siapa saja bisa keluarga yg jauh dan lama tak bertemu, kerabat maupun teman yg juga sudah lama tak kita temui bahkan kalo berani bisa juga menghubungi mantan kekasih anda. Setidaknya kita bisa memanfaatkan waktu dengan hal yg berguna dan ditambah lagi kita bisa menyambung kembali tali silatuhrahim yg mulai pudar. Dengan catatan energy dalam batre anda memiliki daya tahan yg cukup mumpuni. Kalo tidak mampu ya bisa dengan layanan pesan singkat.

  1. Bersih – bersih

    image via : benerinrumah.wordpress.com

Daripada terus menerus memaki PLN akan menghabiskan energy dan waktu dengan sia-sia alngakh baiknya melakukan bersih-bersih. Bisa nyapu, nyuci, ngepel, baikin atap bocor, Dll. Hal ini akan membuat anda banyak bergerak dan tempat tinggal anda jdi bersih dan nyaman untuk ditempati.

  1. Nongkrong

    image via : trekearth.com

Jangan terlalu jauh cari tempat nongkrong, cari saja warung atau toko terdekat di sekitar anda tinggal. Biasanya mereka menyediakan kursi, kita bisa datang kesana dan mencoba mencari obrolan dengan pemilik warung, meski obrolannya pasti sekitar tentang mati lampu. Jika tidak biasanya setiap daerah memiliki satu titik tempat bertemu / berkumpul biasanya pos hansip. Datang saja kesana, biasanya disana juga ada banyak yg berkumpul dan mengobrol. Tapi tetap saja obrolannya seputar mati lampu dan ketika lampu nyala pasti langsung bubar lagi.

  1. Berkebun

    image via : ranapsimanjuntak.wordpress.com

Jika anda memiliki sedikit lahan yg tidak dimanfaatkan dengan baik anda bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk berkebun. Mula-mula anda membersihkan rumputnya lalu tanahnya anda cangkul sedikit biar agak gembur. Setelah itu carilah bibit yg bisa anda tanam, bisa dicari disekitar rumah atau minta tetangga ata bahkan kalo perlu anda bisa membelinya di took pertanian. Tapi setelah itu harus dijaga dan dirawat, meski biasanya kadang kita lupa dan hanya ingat saar mati lampu saja.

  1. Bertobat

    image via : republika.co.id

Bisa kita anggap bahwa mati lampu adalah kiamat kecil karena kedatangannya bagai sebuah bencana alam sangat tak terduga dan tak diinginkan. Ada baiknya kesempatan mati lampu ini anda gunakan untuk beribadah dan bertaubat, selagi ada waktu. Sesungguhnya itu lebih baik daripada hanya memaki PLN.