5 Keunikan Angkot Balikpapan

image via : kaltim.tribunnews.com

 

Angkot adalah salah satu jenis tranportasi umum yg sangat terkenal di Negara ini. Angkot atau kependekan dari angkutan kota, memnag sealu jadi primadona utama dalam dunia transportasi umum bagi masyarakat Negara ini. Sama seperti dengan kota-kota lainnya di Negara ini, di Balikpapan angkot juga menjadi pilihan utama untuk bepergian menuju suatu tempat. Meski sama, angkot Kota Balikpapan memiliki beberapa keunikan, berikut liputannya;

  1. Penyebutannya

    image via : winadahlan.wordpress.com

Jika ditempat lain disebut angkot maka di Balikpapan disebut “taksi”. Sedangkan taksi yg menggunakan argo sebagai dasar pembayarannya disebut  “taksi argo” oleh warga Balikpapan. tak hanya itu, untuk mengehentikan angkot/taksi biasa orang bilang “kiri” atau “pinggir” tapi warga Balikpapan sudah berpikiran maju dan global jadi jika ingin menghentikan taksi/angkot kita bilang “stop bos!”.

 

  1. Kursi menghadap kedepan

image via : ikhwanalim.wordpress.com

Angkot di kota lain biasanya memiliki kursi yg saling berhadapan, sedang di Balikpapan semua kursinya menghadap ke depan. Mungkin karena alasan itulah disebut “taksi” bukan “angkot” oleh warga Balikpapan.

 

  1. Tidak ada nama jalan yg disebut sebagai rute trayek

image via : kaltim.tribunnews.com

Bisa dibilang warga Balikpapan lebih familiar dengan menyebut nama daerah suatu tempat sebagai tujuan nya daripada nama jalan, sehingga banyak warga Balikpapan yg tidak hafal dengan nama jalan. Jika kita perhatikan rute trayek angkot / taksi Balikpapan, tak ada nama jalan yg ada ada hanya nama suatu tempat/daerah. Satu-satunya nama jalan hanya jalan minyak, meski nama sebenarnya adalah  jalan Yos Sudarso. Tetap saja warga Balikpapan lebih akrab dengan menyebutnya jalan minyak. untuk info rute angkto/taksi balikpapan bisa lihat di http://transportinfo.web.id/2011/09/06/rute-angkutan-kota-di-balikpapan/

 

  1. Tempat sampah wajib ada

image via : travelerwannabe04.blogspot.com

Memiliki predikat sebagai kota terbersih membuat Balikpapan terus mempertahankan kebersihan. Sehingga semua kendaraan roda empat di Balikpapan wajib memiliki tempat sampah di dalam kendaraan, termasuk angkot. Jadi para penumpang tidak akan membuang sampah sembarangan.

 

  1. Full Sound System

image via : travelerwannabe04.blogspot.com

Di film biasanya mobil-mobil sport mewah yg memiliki sound system luar biasa. Di Balikpapan kalian bisa menemukan itu di angkot, kalo pun ada mobil sport mewah yg memiliki sound system pasti besoknya akan jadi angkot. Tidak hanya sound system bahkan beberapa angkot pun juga memiliki perangkat layar LCD. Harapan saya kedepannya semoga semua angkot/taksi di Balikpapan akan memiliki jaringan wifi gratis.

Iklan