Teliti Dalam Menerima dan Menyebarkan Informasi

image via : consciousreporter.com

 

Dari sejak ditemukannya teknologi komunikasi hingga saat ini, kebutuhan akan informasi menjadi hal yg sangat penting. Apalagi di jaman modern saat ini, dimana kebutuhan informasi sudah bisa dengan sangat mudah kita dapatkan. Saat ini tidak hanya mudah kita mendapatkan informasi, tapi juga sangat cepat. Hal ini menjadikan kita seperti dimanja untuk terus bisa mendapatkan informasi terbaru.

Bisa dibilang saat ini masyarakat bukan hanya berperan dalam menerima informasi tapi juga berperan dalam menyebarkan informasi. Dalam hal ini kita sebagai masyarkat harus sangat hati-hati dalam menyebarkan berita dan informasi. Karena tanpa pernah sadari sebelumnya ada beberapa media yg dengan hebatnya mengolah kata-kata mampu menciptakan sebuah opini publik dari sebuah berita. Biasa hal ini berhubungan dengan politik.

Biasanya opini publik diciptakan untuk menyerang kelompok lawan politik dan masyarakat yg kurang teliti kadang terhasut oleh berita-berita seperti ini. Ada baiknya sebelum kita terpengaruh dan menyebarkan berita dan informasi seperti ini kita harus lebih jeli dan teliti. Jangan sampai berita yg kita sebarkan diragukan keasliannya.

Sebelum anda terprovokasi dan menyebarkan berita yg ternyata palsu, sebaiknya anda teliti dulu darimana sumber berita ini. Anda harus mampu bersikap netral, yaitu tidak langsung mempercayainya dan tidak langsung tidak mempercayainya. Hal ini memang merepotkan, tapi semakin maju perkembangan jaman dan teknologi komunikasi pasti akan membuat para penikmat berita dan informasi juga akan semakin pintar dan kritis.

Jika kita mengurutkan bagaimana perubahan trending dunia informasi, berita khususnya. Kemarin adalah jaman dimana kita sebagai penikmat informasi dan hari ini kita juga berperan aktif dalam menyebarkan informasi. Tapi hari esok kita akan dituntut untuk lebih selektif dalam menerima dan menyebarkan informasi.

Saat ini bisa saja kita “malas” untuk meneliti sebuah informasi lebih jauh, tapi sesuai dengan perkembangan teknologi kita akan dipaksa untuk melakukan itu. Saat ini kita sangat mudah mengakses informasi, bahkan saat ini sangat banyak media yg memberikan informasi. Dari sekian banyaknya media yg ada pasti salah satu diantara mereka ada yg dengan sengaja membuat berita untuk memprovokasi seseorang maupun golongan. Mangkanya tidak heran saat ini ada sangat banyak kelompok-kelompok dengan latar belakang tertentu sering melakukan aksi demo hanya karena mendapat informasi tanpa melakukan penyelidikan asal-usul darimana sumber berita ini.

image via : twentytwowords.com

 

Memang sudah sifat alamiah manusia bahwa kita hanya mendengar apa yg ingin kita dengar dan melihat apa yg ingin kita lihat. Jika saat ini kita enggan untuk lebih teliti dalam menerima informasi, hal terburuk yg akan terjadi adalah perpecahan. Dahulu belanda mampu menjajah Negara ini melalui politik adu domba dan suatu saat nanti Negara ini bisa hancur Karena dengan mudahnya opini kita dibentuk oleh media.

Marilah saat ini kita belajar bersama-sama untuk menjadi penikmat dan penyebar informasi yg benar-benar berkualitas dan berbobot. Jangan mudah terpengaruh oleh informasi-informasi yg tidak berkualitas dan memprovokasi anda untuk membenci golongan lain. Jadilah penerima dan pemberi informasi yg cerdas, teliti dan jujur. Selamat berkarya.